Senin, 31 Oktober 2016

45 Tahun, Toyota Sudah Berbuat Apa untuk Indonesia?

Sepertiga lebih kue pasar otomotif nasional khususnya roda empat dikuasai Toyota. Banyak yang bertanya-tanya apa sumbangan Toyota untuk Indonesia? Apa mereka semata-mata mencari untung dari menjual mobil di pasar yang mencapai 250 juta ini?

45 Tahun, Toyota Sudah Berbuat Apa untuk Indonesia?

Menurut Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Hiroyuki Fukui selama beroperasi di Indonesia, Toyota telah menanamkan investasi lebih dari Rp 50 triliun.

Investasi ini baik berupa investasi berskala besar seperti penambahan kapasitas produksi, pendirian pabrik baru, ataupun pendirian pusat pelatihan sumber daya manusia tetapi juga investasi yang bersifat regular seperti peremajaan atau penambahan mesin dan robot produksi.

Total investasi ini belum termasuk investasi yang ditanamkan oleh rantai pasok dan diler Toyota.

"Sebagai bagian dari Toyota Indonesia dan sekaligus pelaku industri, kami terus berupaya meningkatkan kompetensi dan kontribusi terhadap perekonomian nasional, khususnya bagi pengembangan sektor industri otomotif nasional," tambah President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Masahiro Nonami.

Seiring dengan kemajuan fasilitas industri, pengembangan SDM juga mendapat prioritas utama Toyota Indonesia antara lain dengan menghadirkan berbagai program, termasuk mendirikan Toyota Indonesia Academy (TIA) dengan investasi lebih dari Rp 100 miliar.

Mahasiswa di Toyota Indonesia AcademyFoto: M Luthfi Andika
Mahasiswa di Toyota Indonesia Academy


TIA merupakan aktivitas pengembangan sumber daya manusia terkini yang dilakukan oleh Toyota Indonesia. Dalam 3 tahun terakhir, selain berbagai pelatihan reguler dan kontes keterampilan di tingkat domestik, regional, dan global untuk karyawan, Toyota Indonesia juga telah mengembangkan dan menjalankan 3 pusat pelatihan dan pendidikan bernama Toyota Learning Center (TLC), dan Toyota Technical Center (TTC).

Fasilitas-fasilitas ini bertujuan untuk lebih makin mendukung peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan karyawan Toyota Indonesia.

Di bidang kontribusi sosial (Corporate Social Responsibilit/CSR) Toyota melakukan beberapa hal di bidang pendidikan, lingkungan hidup, keselamatan berlalu-lintas, serta peningkatan harkat hidup komunitas serta filantropi.

Toyota dan Pemrov DKI Urai Kemacetan di Mampang
Pembenahan simpang Mampang, Jakarta, Tahun 2013 lalu

Beberapa aktivitas CSR Toyota Indonesia adalah melalui Yayasan Toyota & Astra (YTA) yang menyalurkan beasiswa kepada 96.000 ribu pelajar tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, dan Pendidikan Tinggi sejak tahun 1974 hingga akhir tahun 2015. Toyota Indonesia juga melakukan donasi ratusan alat bantu praktik berupa mobil, mesin, dan komponen ke institusi pendidikan sekolah serta ke Balai-Balai Latihan Kerja.

Program Toyota Eco Youth (TEY) sendiri telah dijalankan sejak tahun 2005 dan sampai saat ini, lebih dari 750 sekolah di 26 provinsi Indonesia terlibat dalam program TEY melalui 2.500 proposal perbaikan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar