Minggu, 25 Desember 2016

Honda Freed Diskontinu, Toyota Sienta Melenggang Sendirian

Toyota Sienta sepertinya bakal sendirian di pasaran. Honda memutuskan untuk menghentikan produksi Freed di Indonesia.

 Honda Freed Diskontinu, Toyota Sienta Melenggang Sendirian

Hal tersebut disampaikan Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy.

"Freed sekarang sudah tidak kontinu, bulan Juli terakhir diproduksi," ujarnya saat ditemui di Honda Day 2016 akhir pekan lalu.

Stok Freed di diler menurut Jonfis mungkin masih ada, tapi angkanya terbatas. "Mungkin ada 1-2 biji, dari kita stok sudah tidak ada," ujarnya.

Mengutip data penjualan wholesales Gaikindo, Honda terakhir kali melakukan distribusi Freed pada bulan Juni 2016. Total penjualan Freed selama tahun ini mencapai 617 unit saja.

Jonfis kembali menegaskan Honda Indonesia tidak berniat membuka kembali segmen Freed karena konsumennya sudah mulai berkurang. "Segmen itu sudah banyak hilang, diambil oleh HR-V," ujarnya.

Ketika ditanya soal kehadiran Freed terbaru di Jepang dan kabarnya para tenaga pemasaran Honda sudah mulai mempromosikan mobil, Jonfis menepisnya.

"Enggak ada, kita belum tahu, sampai sekarang gak ada rencana. Freed itu 1.000 unit per bulan maksimal. Sementara SUV seperti HR-V bisa 10.000 per bulan. Rekor tertinggi Freed pas baru diluncurkan 3.000 unit abis itu turun, paling rendah 500 unit," ujarnya.

Dia menambahkan konsumen Indonesia tidak suka dengan mobil yang desainnya kotak-kotak seperti Freed, mereka maunya sebuah mobil yang stylish.

"Konsumen Freed ada tapi berapa banyak, kalau kita kenalkan, terus banting-bantingan harga, bekasnya orang gak senang. Pada dasarnya orang Indonesia suka mobil yang desainnya stylish, lihat saja per segmen, yang kotak itu nasibnya jadi pengikut," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar