Kamis, 05 Januari 2017

Ini Rahasia Toyota Bisa Eksis 45 Tahun di Indonesia

Selama 45 tahun berkiprah di Indonesia, Toyota boleh dibilang sudah mengalami semuanya. Mulai dari jatuh bangun hingga kini bisa menguasai pangsa pasar penjualan mobil di Indonesia yang mencapai sekitar 36 persen. Apa rahasianya?

Ini Rahasia Toyota Bisa Eksis 45 Tahun di Indonesia

'Kita di otomotif itu adalah kerja sama bukan antara karyawan di antara satu perusahaan, tapi kerja sama antara perusahaan,"kata Direktur Administrasi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bob Azam, di Jakarta.

Bob menambahkan kekompakan yang dijalin ini bukan hanya antar karyawan di satu perusahaan saja melainkan antara ratusan perusahaan.

"1 mobil itu mungkin dikerjakan 100 perusahaan dan harus kompak untuk memproduksi satu komponen harus kompak berapa jumlahnya bagaimana kualitasnya, harganya berapa, delivery-nya kapan itu 100 perusahaan harus kompak, belum ratusan lagi yang jadi pohon industrinya. Jadi yang paling sulit itu bangun kekompakan," tambah Bob.

Meski sempat bangkrut di tahun 1998 dengan penjualan dan produksi yang menurun drastis hingga 85%. Saat itu market otomotif Indonesia terjun bebas ke titik terendah. Peristiwa-peristiwa pahit seperti ini merupakan ujian bagi komitmen dan konsistensi Toyota untuk tetap tumbuh bersama masyarakat Indonesia.

Sejak kehadirannya pada 1971, Toyota Indonesia telah berhasil memproduksi kendaraan lebih dari 3 juta unit dan selama bertahun-tahun tercatat sebagai market leader dalam mendorong pertumbuhan pasar otomotif nasional dengan pangsa pasar di atas 30%.

Di tahun 2015 produksi model-model Toyota di Indonesia menempati posisi kelima negara produsen kendaraan Toyota terbesar di dunia di luar Jepang dengan total produksi 370 ribu unit setelah Amerika Serikat (1,34 juta unit), China 1,01 juta unit, Thailand 630.000 unit dan Kanada 590.000 unit. Untuk tahun 2016 ini, sampai September lalu, produksi model-model Toyota di Indonesia sudah mencapai angka 387.500 unit, dimana 123.700 unit diantaranya untuk pasar ekspor yang mencapai lebih dari 80 negara.

Indonesia pun kini tercatat sebagai pasar keempat terbesar Toyota di dunia. (dry/ddn)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar